Selamat datang di Situs Resmi Kalurahan Palihan, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo!

Artikel

Pemetaan Inventarisasi Sumber Daya Desa Bidang Infrastruktur

27 Juli 2023 07:30:00  Administrator  374 Kali Dibaca 

Pemetaan Inventarisasi Sumber Daya Desa Bidang Infrastruktur

Dalam rangka pengurangan risiko bencana tsunami dan gempabumi, Kalurahan Palihan dinilai telah memiliki infrastruktur yang memadai. Hal tersebut meliputi tanah, jalan, dan bangunan yang dapat digunakan dalam proses evakuasi kebencanaan yang terbagi menjadi TEV (Tempat Evakuasi Vertikal), TES (Tempat Evakuasi Sementara), dan TEA (Tempat Evakuasi Akhir). Berikut daftar infrastruktur yang tersedia di Kalurahan Palihan yang termasuk dalam TES dan TEV: 

1. Balai Kalurahan Palihan (TES)

balai

Merupakan kompleks bangunan milik Kalurahan Palihan yang terletak di Mlangsen, Kalurahan Palihan, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bangunan tersebut umumnya digunakan sebagai sarana tempat berkumpulnya masyarakat dengan pegawai kalurahan sekaligus terdapat Kantor Kalurahan Palihan. Pada sisi selatan dan sisi utara kompleks bangunan, terdapat tanah lapang yang nantinya dapat digunakan sebagai titik evakuasi sementara dalam mitigasi kebencanaan bagi para pamong kalurahan dan masyarakat yang tinggal di sekitar Padukuhan Mlangsen dan Tanggalan (yakni berada di sisi selatan Jalan Raya Kulon Progo-Purworejo).

2. SD Negeri Palihan Lor (TES)

sdn-palihan-lor

Merupakan salah satu fasilitas pendidikan yang berada di dalam lingkup Kalurahan Palihan dan dinilai telah menjadi aset infrastruktur bagi Kalurahan Palihan dalam melaksanakan proses mitigasi bencana tsunami dan gempabumi. Bangunan tersebut terletak di Mlangsen, Kalurahan Palihan, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tentunya, hal ini terjadi dikarenakan gedung sekolah dibangun di atas tanah berkode SHP 09 milik Kalurahan Palihan dan tergabung dengan Balai Kalurahan Palihan. Pada kompleks bangunan terdapat suatu tanah lapang tepatnya di sisi selatan dari kompleks sekolah yang dinilai dapat digunakan sebagai titik evakuasi sementara khususnya bagi warga sekolah tersebut yang sudah menerapkan sistem titik kumpul.

3. Balai Warga Selong (TES)

selong

Merupakan salah satu infrastruktur milik Padukuhan Selong yang menempati tanah milik Kalurahan Palihan. Bangunan tersebut terletak di Padukuhan Selong, Kalurahan Palihan, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DIY. Infrastruktur tersebut dibangun atas gagasan dari Dukuh Selong yakni Bapak Siswanto sebagai tempat pertemuan rutin para warga maupun untuk pelaksanaan event tertentu. Padukuhan tersebut tentunya termasuk dalam lingkup Kalurahan Palihan sehingga infrastruktur tersebut diharapkan dapat dijadikan sebagai titik evakuasi sementara dalam proses mitigasi bencana. Hal tersebut juga dilengkapi dengan infrastruktur jalan yang menghubungkan Jalan Daendels dengan Jalan Raya Kulon Progo-Purworejo menuju TES yakni Balai Kalurahan Palihan dan SD Negeri Palihan Lor.

5. Balai Warga Munggangan (TES)

mungganggan

Merupakan salah satu infrastruktur milik Padukuhan Munggangan yang menempati tanah milik Kalurahan Palihan yakni tanah berkode SHP 48. Bangunan tersebut terletak di Padukuhan Munggangan, Kalurahan Palihan, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DIY. Letak bangunan tersebut saat ini merupakan hasil dari relokasi lahan akibat pembangunan NYIA yang berada di Kulon Progo. Pada umumnya, bangunan tersebut digunakan sebagai sarana perkumpulan warga Padukuhan Munggangan. Kemudian, pada bangunan tersebut terdapat lapangan yang digunakan sebagai sarana olahraga masyarakat di padukuhan tersebut seperti badminton dan voli. Adanya lapangan tersebut, dapat digunakan oleh seluruh masyarakat dalam Padukuhan Munggangan sebagai sarana titik evakuasi sementara.

5. Balai Warga Kragon II (TES)

kragon2

Merupakan salah satu infrastruktur milik Padukuhan Kragon II yang menempati tanah milik Kalurahan Palihan. Bangunan tersebut terletak di (alamat) Letak bangunan tersebut saat ini merupakan hasil dari relokasi lahan akibat pembangunan NYIA yang berada di Kulon Progo. Pada umumnya, bangunan tersebut digunakan sebagai sarana perkumpulan warga Padukuhan Kragon II untuk berbagai kegiatan sekaligus terdapat lapangan olahraga yang dapat dimanfaatkan oleh warga untuk permainan badminton. Selain itu, letak bangunan juga dekat dengan fasilitas kesehatan milik Kapanewon Temon yakni UPT Puskesmas II Temon, Kulon Progo. Hal ini dapat mengindikasikan bahwa padukuhan tersebut memiliki akses kesehatan yang cukup mudah sehingga dapat digunakan sebagai titik evakuasi sementara yang dinilai ideal.

6. Gedung Main Power milik New Yogyakarta International Airport (TEV)

main-power

Merupakan infrastruktur milik New Yogyakarta International Airport yang sebelumnya berupa lahan terletak di Padukuhan Selong, Kalurahan Palihan, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DIY. Pada dasarnya, gedung ini terdiri dari 3 lantai yang dimanfaatkan sebagai sumber penyediaan listrik bagi sistem operasional bandara tersebut. Adanya hal tersebut, Gedung Main Power dapat dipertimbangkan sebagai TEV mengingat proses mitigasi bencana dapat dilakukan dengan berada di puncak gedung dengan ketinggian tertentu. Akan tetapi, hal ini tidak dapat dijadikan rujukan utama mengingat letak bangunan yang sangat dekat dengan garis pantai sehingga risiko terkena tsunami sangat tinggi (wilayah Kalurahan Palihan termasuk dalam zona rendaman warna merah).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl.Wates-Purworejo km 13 Palihan,Temon,Kulon Progo
Kalurahan : Palihan
Kapanewon : Temon
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55654
Telepon : 6472612
Email : desapalihan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:48
    Kemarin:46
    Total Pengunjung:41.861
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.116.201
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

09 April 2019 | 15.954 Kali
Daftar Informasi Publik
05 Juli 2019 | 15.864 Kali
Maklumat PPID
06 Maret 2019 | 15.816 Kali
Profil Wilayah Desa
06 Maret 2019 | 15.724 Kali
Profil
06 Maret 2019 | 15.717 Kali
Pemerintah desa
06 Maret 2019 | 15.705 Kali
Data Desa
06 Maret 2019 | 15.643 Kali
Sejarah Desa
09 April 2019 | 15.954 Kali
Daftar Informasi Publik
06 Maret 2019 | 15.577 Kali
Visi Misi
27 Juli 2023 | 355 Kali
Pemetaan Inventarisasi Sumber Daya Desa Bidang Politik
05 Juli 2019 | 15.552 Kali
Permohonan Informasi
26 Juli 2023 | 375 Kali
Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami
05 Juli 2019 | 15.864 Kali
Maklumat PPID
28 Juli 2023 | 357 Kali
Memperkuat Kesiapsiagaan Tsunami, BMKG DIY Hadirkan Sosialisasi di SDN Palihan Lor

Statistik SID