Selamat datang di Situs Resmi Kalurahan Palihan, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo!

Artikel

Analisis Penganggaran dan Realisasi Serapan Dana Kebencanaan

07 Agustus 2023 15:36:54  Administrator  336 Kali Dibaca 

Analisis Penganggaran dan Realisasi Serapan Dana Kebencanaan untuk Kesiapsiagaan Bencana Tsunami di Kalurahan Palihan

Penganggaran dan realisasi menjadi hal yang krusial bagi Pemerintahan Indonesia, baik pemerintah daerah maupun instansi daerah. Sebagai organisasi non profit, pemerintah kalurahan juga memiliki peran yang sama seperti lembaga atau pemerintahan di tingkat yang lain. Di setiap periode anggaran, yakni durasi satu tahun, pemerintah kalurahan menyusun APBKal sebagai acuan kegiatan yang akan dilaksanakan selama satu tahun tersebut dan dicerminkan dalam bentuk finansial. Tentu hal ini perlu menjadi perhatian penting dan diperlukan perencanaan serta pengawasan yang baik agar penganggaran dan realisasinya dapat berjalan dengan lancar.

Kalurahan Palihan sebagai salah satu wilayah di pesisir selatan Pulau Jawa yang rentan terhadap bencana, khususnya gempa bumi dan tsunami, memerlukan kegiatan mitigasi bencana yang optimal. Pencegahan, penanganan saat dan pasca bencana perlu untuk diterapkan dalam kegiatan pemerintahan. Untuk mendukung hal tersebut, diperlukan dukungan dalam bentuk finansial yang dapat diwujudkan dari penyusunan anggaran dan pelaksanannya yang dilakukan oleh pemerintah kalurahan. Selain itu, diperlukan sinergi antar pemegang kepentingan, seperti masyarakat, pamong kalurahan, dan organisasi atau instansi yang ada di kalurahan, seperti sekolah dan puskesmas, untuk dapat mendukung pelaksanaan kegiatan kebencanaan dan mitigasi bencana sehingga dapat terwujudnya Kalurahan Palihan sebagai desa tangguh bencana.

Analisis penganggaran dan realisasi Kalurahan Palihan di lingkup kebencanaan diharapkan dapat memberikan bahan evaluasi untuk dapat menciptakan kegiatan atau perencanaan yang berhubungan dengan kebencanaan yang lebih baik di periode yang akan datang. Analisis juga memberikan rekomendasi terkait langkah yang dapat dilakukan oleh setiap pemangku kepentingan untuk dapat mewujudkan kegiatan kebencanaan yang dapat mendorong terciptanya Kalurahan Palihan sebagai desa tangguh bencana.

 

Hasil analisis lengkap dapat diakses dengan mengunduh dokumen terlampir

 

Download Lampiran:
Laporan hasil analisis

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl.Wates-Purworejo km 13 Palihan,Temon,Kulon Progo
Kalurahan : Palihan
Kapanewon : Temon
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55654
Telepon : 6472612
Email : desapalihan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:18
    Kemarin:74
    Total Pengunjung:36.767
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.191.195.110
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID